Sabtu, 06 September 2014

Kejelasan

Diposting oleh Hamela Shafa A di 22.29


Ya, kejelasan. Suatu hal yang sangat dibutuhkan seseorang untuk mencari/mengetahui sebuah hal. Sama seperti kehidupan sehari-hari. Contohnya, kita butuh sebuah kacamata buat memperjelas tulisan karena bola mata gak cukup untuk melihatnya. Nah sama kaya persoalan; butuh kejelasan buat menyelesaikannya.
Kejelasan sangat berkaitan dengan bukti, Yap. Dibutuhkan sebuah bukti seperti fakta/alasan yang meyakinkan agar kita bisa lebih mempercayai hal itu. Jika tak ada kejelasan salah satunya kita tidak dapat menuntukan arah yang pasti dan menjadi bimbang.
Ketika kejelasan itu tak hadir, maka timbulah sangka. Dan  yang parahnya timbulah luka.

Pernah gak kamu jelasin suatu hal tapi gak didenger? Gak digubris? Diharaukan? Atau juga sebuah kejelasan datang pada waktu yang gak tepat, dan waktu dimana orang lain sudah tak membutuhkan kejelasanmu.  lebih mementingkan egonya dengan mengambil kesimpulan dengan cepat bahkan gak sesuai kenyataan. Sedih ya? Iya.
Atau mungkin diantara kamu yang sebaliknya pernah ngelakuin hal itu dengan orang lain yang ingin berbicara tentang kejelasan? Kita gak pernah tau. Yang pasti ketika kita ngelakuin sebuah hal, bisa aja itu udah membuat sedih orang lain;dalam hatinya. Kejelasan dalam arti lainnya adalah kalian yang menunggunya. Ya, menunggu kejelasan.
‘’ Kapan sih ada kejelasan? Kenapa gini terus?” haha ya you know lah what I mean. Hm… kapan ya? Kapan-kapan….(?)
Ya kan? Begitu berartinya sebuah kejelasan. Sampai dinanti dan dipercayai gitu. Karena kejelasan itu menghasilkan sebuah kepercayaan.
Susah loh dapetin kepercayaan. Karena kepercayaan itu bagaikan guci. Iya,kalo pecah pun gak akan utuh kembali. Nah sama dengan artinya udah susah buat dipercaya lagi.well kenapa disini juga cerita tentang kepercayaan? Ya karena mereka itu bergandengan.  Gak ada yang harus dipercayai kalo gak ada kejelasan. Ya lah, kita mau percaya sama apa? Begitu juga sebaliknya.
Balik lagi ke kejelasan.

1.       Kejelasan Yang Pengen di Sampein tapi Enggak ada Kesempatan.
Itutuh emang greget,sedih,kesel,ngambek ahh campur aduk lah. Ketika kita mau nyampein sesuatu hal yang berarti.. tapi kita gak sempat cerita ke orang itu. Padahal udah lama rencana ini itu dan semuanya/lagi ditabung hal spesialnya biar duar saat ceritanya. Banyak hal yang pengen diceritain tapi orang itu keburu marah sama kita ya karena salah paham. Jadi Problem deh. Salah satunya mungkin,mereka mengganggap kita tuh tertutup. Padahal engga, Cuma waktu yang gak mengizinkan buat berbicara #Yakelahhaha. Bisa juga karena salah dia. Dia punya problem dimasa lalu sehingga udah meretakkan kepercayaan itu yang jadi sisi lainnya juga adalah kita hanya ingin lihat sejauh mana,atau apakah dia masih seperti yang dulu.  Gimana dia mau percaya lagi? Gimana mau terlalu terbuka? Kita hanya takut ketika kita udah terlalu banyak terbuka,terlalu percaya tapi malah dikecewain.. dibikin sedih (lagi). lagian yang terlalu itu emang gak baik kan?:) Kan udah dibilang diawal juga gak mudah memberikan sebuah kepercayaan tanpa adanya kejelasan . Apalagi problemnya itu udah dilakuin lebih dari satu kali. Ibaratnya nih sama aja  percaya sama orang ‘jahat’. Contohnya kaya di sinetron: orang jahat  bilang minta maaf sama orang baik atas perbuatannya selama ini See? ternyata dia malah (lebih) (mau) nyakitin orang baik itu. Orang baik itu ya maafin lah. Dan yang membingungkan adalah apa karena terlalu baik jadi malah percaya aja(?) akhirnya...................  ya gitudeh,disakitin lagi #fiuuhh
Jahat kan? Iya.
kadang ketika seseorang menjelaskan sesuatu yang pengen dia sampein tapi malah ga digubris sama orang lain… justru atau bisa saja adalah hal yang sebenarnya sangat penting/ berarti buat orang lain tersebut…
2.       Kejelasan yang udah Disampein tapi Malah Gak Dipercaya.

Ribet ye? Iyee.Ketika kita udah cerita jelasin ini itu dari awal sampai akhir panjang banget  udah kaya jalan kereta tapi malah dia bilang.. ‘pokoknya aku ga percaya sama kejelasan kamu itu!’ beuhhh sakitnya tuh.. disini! #nunjukhati. Ya mulai deh tandanya dia gak percaya sama kamu.. bisa jadi karena alasan kamu yang menjelaskan ga sesuai dengan apa yang dia mau atau dia fikirkan. Ya mungkin karena kesalahan kamu itu udah nyakitin  dia sehingga susah buat dia terima. dia yang posesif atau takut gitu lah yang bisa membuat dia seperti itu. Tapi ketika kita bilang alasan itu yang emang bener, mungkin gak tepat kata-katanya. Itu loh karena susah buat ngutarain hal itu. Bukan bermaksud berbohong da memang kenyataannya seperti itu. Mau digimanain lagi?ini adalah keadaan dimana Jujur salah,bohong lebih salah. Percayalah yang dijelaskan itu memang apa adanya karena buat apa begitu rumitnya, sampai kita menjelaskan itu berulang2 kalo akhirnya itu cuma bohong belaka. Kalo bohong gak akan seribet itu,simple. Intinya kalo dia memang udah ‘kenal deket’ atau special dari kamu… dia sebenarnya care  dan gasetega itu kok sama kamu. Dia hanya ingin alasan kuat yang meredakannya..dan bisa membutuhkan waktu entah jangka pendek /panjang. Yang penting kamu udah berusaha jelasin yang sebenernya juga sikap kamu yang baik menjelaskan persoalan itu ;)

3.       Kejelasan yang Ditunggu- tunggu tapi Gak dateng-dateng
Pernah gak ngerasain hal kecil aja. Contohnya adalah nunggu dijemput ketika kita lagi disuatu tempat. Nah intinya tuh sama kaya gitu. Simple. Gak percaya? Coba ya. Bayangkan atau pernah ngersain ketika lagi nunggu disuatu tempat. Udah lama ditambah  kalo lagi kalo kita gak bisa ngehubungin orang yang jemput kita itu. Disinilah kebimbangan terjadi. Iya lah. Antara kita mau pulang sendiri aja tapi takut orang yang ngejemput kita itu akhirnya dateng ke tempat ini dan gak ketemu sama kita atau nuunggu tapi gak dateng dateng juga. Dilihat kanan kiri bukan, Orang lewat semua. Apalagi  kalo kita dikejar waktu. waktu gak akan bisa berhenti, terus berputar dan akhirnya  semua hal itu cuman buang waktu waktu doang. Seperti hukum newton ke 1 yang sama dengan hasilnya 0 Nah sama dong kaya kejelasan? Nunggu lama tapi gak ada tanda tanda bakal ada kejelasan. Pengen akhirin aja nunggu itu hal tapi takut ternyata si dia lagi ngetes/ bakal ngasih kejelasan. Tapi, yakin dia bakal ngasih kejelasan? Nah bagi kejelasan kadang kalo engga/ jarang komunikasi sama dia aja udah bikin hati ragu tuh. Gak ada kejelasan dan pada akhirnya waktu selama ini cuma membuat kenangan yang bakal dikenang  dalam pikiran doang  tanpa terjadi di kenyataan sebelumnya. Ya intinya sih, kalo yang masih ragu ragu gitu mending dibawa enjoy aja jangan terlalu diseriusin. Kenapa bilang gitu? Kenapa gak ditinggalin aja? Bohong! Bohong kalo bilang “ lupain aja, tinggalin aja” tapi hati mah pasti masih nyangkut di memori itu. Ya kan? Ya dong? Jangan memaksakan kehendak. “ngomong sih gampang..” iya gampang. Tapi apa cobanya ngelakuin hal itu, kalo ngomong gampang setidaknya ngelakuinnnya juga gampang”  Berpikir dulu bahwa semua yang dilakukan itu bahagia/engga. Ya kalo banyakan yang engga mah ya harus dikurangin. Jangan dihilangin. Langsung menghilangkan sesuatu yang biasanya dilakuin itu emang rumit, tapi kalo dikurangin perlahan perlahan tapi pasti, nanti juga akan berkurang(: asalkan niat dan yang berkurang itu akan menjadi sedikit lalu hilang! Menunggu gak jauh lebih baik daripada bengong sendirian. Life Must Goes On! Kita ga bisa terus diem gitu aja. Lakuin aja sesuatu yang berguna daripada nunggu yang gak keliatan hasilnya itu. Kalo emang udah jalannya pasti selalu ada kejelasan. Ya kalo ada gak ada berarti jalan baikmu bukan itu. jangan berdoa yang aneh-aneh juga. minta dia pekalah jadi jodohmu lah kasih kejelasan lah apa lah. yang menurutmu baik belum tentu baik bagi Tuhan, tapi apa yang menurut Tuhan baik pasti baik juga untukmu J  Berdoa yang baik kepada Tuhan agar kamu bisa selalu bahagia dengan yang kamu punya, bukan apa yang kamu tunggu.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MORE THAN WORDS Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review